Selasa, 12 Juni 2012

Berbagi Jaringan Internet modem USB di Windows XP

0 comments

Bagaimana caranya membagi jaringan internet anda dengan komputer lainnya jika anda hanya punya koneksi melalui modem USB pada windows XP. Tips ini akan menunjukkan pada anda bagaimana caranya untuk membagi jaringan internet anda dengan komputer lainnya melalui jaringan local (LAN) dan Internet Connection Sharing (ICS) pada komputer anda.
Jenis Sambungan kabel LAN

Penampakan dari kabel 






Jika anda belum familiar dengan pengaturan TCP/IP pada konfigurasi jaringan, cara yang paling mudah untuk membagi jaringan internet adalah dengan membeli router atau hub. Gunakan trik di bawah ini jika anda tidak punya router, atau tidak ingin menggunakan router, atau jika anda hanya ingin mencoba-coba saja.
Cara yang paling mudah untuk memahaminya adalah dengan menjadikan komputer yang saat ini terkoneksi ke internet menjadi sebuah server yang mempunyai fasilitas router didalamnya.


Yang dibutuhkan :
  • Sebuah komputer yang telah terkoneksi internet dengan modem USB dan OS nya Windows XP. komputer ini harus mempunyai setidaknya sebuah port untuk network adapter. Dari port inilah anda bisa membagi jaringan internet anda ke komputer lain atau menuju hub.
  • Sebuah komputer lainnya yang dijadikan sebagai komputer client, yang menjalankan versi Windows apapun. dan bisa dikoneksikan ke port network adapter komputer server melalui kabel jaringan local (LAN) dengan konfigurasi "Cross" atau kabel jaringan local (LAN) yang biasa "Straight" dengan melalui perantara hub.

Mengkonfigurasi komputer server
  1. Masuk ke komputer server sebagai akun tipe Administrator.
  2. Klik Start >> Control Panel.
  3. Klik Network and Internet Connections.
  4. Klik Network Connections.
  5. Klik-kanan koneksi yang menandakan koneksi ke modem usb.
  6. Klik Properties.
  7. Klik tab Advanced.
  8. Pada Internet Connection Sharing, pilih Allow other network users to connect through this computer's Internet connection check box.
  9. Pilih Establish a dial-up connection whenever a computer on my network attempts to access the Internet check box jika ingin komputer client otomatis tersambung ke internet ketika komputer server juga tersambung ke internet.
  10. Klik OK. Akan muncul pesan dibawah ini:
    When Internet Connection Sharing is enabled, your LAN adapter will be set to use IP address 192.168.0.1. Your computer may lose connectivity with other computers on your network. If these other computers have static IP addresses, it is a good idea to set them to obtain their IP addresses automatically. Are you sure you want to enable Internet Connection Sharing? artinya Ketika menggunakan fasilitas "Internet Connection Sharing", konfigurasi TCP/IP akan diubah otomatis menjadi 192.168.0.1. jika komputer ini terhubung ke jaringan local. maka koneksi akan terputus dari jaringan semula. untuk computer client set kembali TCP/IP nya menjadi "Obtain address automatically". Apakah anda yakin mengaktifkan ICS? 
  11. Klik Yes.
Mengkonfigurasi komputer client
Untuk menggunakan jaringan internet bagi pakai dari komputer server, komputer client harus di set menjadi  "Automatic IP address". secara umum caranya adalah:
  1. Configure TCP/IP Automatic IP
  2. Configure Internet Connection
Dua langkah diatas bervariasi untuk versi windows yang lainnya.
Prosedur berkut adalah untuk komputer client dengan OS Windows XP.
  1. Masuk ke komputer client sebagai akun tipe Administrator.
  2. Klik Start >> Control Panel.
  3. Klik Network and Internet Connections.
  4. Klik Network Connections.
  5. Klik-kanan Local Area Connection, lalu klik Properties.
  6. Klik tab General, Klik Internet Protocol (TCP/IP) pada This connection uses the following items list, lalu klik Properties.
  7. Pada kotak dialog Internet Protocol (TCP/IP) Properties, Klik Obtain an IP address automatically (jika belum terpilih), lalu klik OK.
  8. Klik Start >> Control Panel
  9. Klik Network and Internet Connections.
  10. Klik Internet Options.
  11. Pada kotak dialog Internet Properties, klik tab Connections.
  12. Klik tombol Setup. New Connection Wizard.
  13. Pada halaman Welcome to the New Connection Wizard, klik Next.
  14. Klik Connect to the Internet, dan lalu klik Next.
  15. Klik Set up my connection manually, lalu klik Next.
  16. Klik Connect using a broadband connection that is always on, lalu klik Next.
  17. Pada halaman Completing the New Connection Wizard, klik Finish.
  18. Keluar dari Control Panel dan coba koneksi internet anda. Anda mungkin harus me-restart komputer clientnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar