Rabu, 20 Juni 2012

[ERROR] Explorer.exe Missing atau Corrupt

6 comments

Ketika computer anda telah terjangkiti virus, dan merupakan tipe virus injeksi file *.exe maka bukan tidak mungkin file system anda yang bernama Explorer.exe pun akan terkena. Apa itu Explorer.exe?

File yang bernama Explorer.exe adalah sebuah file penting yang digunakan untuk mengatur tampilan desktop (taskbar, desktop icon), Memanage file yang ada di hardisk (Windows Explorer) hingga digunakan untuk mencari file atau folder (Windows Search) dari para pengguna Windows. Semua itu pasti membutuhkan file yang bernama Explorer.exe ini.
Jika setelah kita menscan virus dengan menggunakan antivirus yang tidak dilengkapi dengan disinfection, seringkali file ini terhapus oleh antivirus tersebut. Untuk mengembalikannya ikuti tips-tips di bawah ini.


Yang dibutuhkan :
CD Instalasi Windows
CD DRIVE untuk membacanya

Caranya :
Persiapan


Pertama, perlu diketahui file yang mengalami error (C:\Windows\System32\Config\System) adalah file yang merupakan file tempat disimpannya registry Windows. Jadi bisa disebut ini merupakan masalah pembacaan File. Sehingga bisa disimpulkan bahwa bisa saja ada masalah pada harddrive / harddisk anda. Untuk melalukan diagnosa pada harddrive anda bisa menggunakan tool-tool bawaan dari setiap pabrik harddrive. Catatan :Diharapkan untuk membaca dokumentasi petunjuk pada setiap tool untuk diagnostic harddrive, bukannya menakuti bisa saja jika anda tidak familiar dengan tool tersebut anda bisa menghapus seluru isi dalam harddrive anda.untuk pemeriksaan ringan apakah harddrive anda bermasalah (Bad Sector atau tak bisa dibaca) bisa juga dengan menggunakan perintah "Chkdsk /p" (perhatikan ada spasi antara "chkdsk" dan "/p").Jika hasil dari diagnosa tersebut hasilnya tidak masalah atau OK maka lanjutkan pada Opsi berikutnya. Jika memang ada masalah setelah melakukan pemeriksaan. Silahkan hubungi Service Center terdekat dari Harddrive yang anda miliki. 


1. Masukkan CD Instalasi dari Windows anda ke dalam CD Drive dari komputer yang Explorer.exe nya rusak.
2. Atur dari BIOS untuk booting melalui CD tersebut, simpan dan restart.
3. Tekan sembarang tombol pada keyboard agar masuk ke dalam mode menu instalasi.
4. Setelah loadhng file-file yang dibutuhkan untuk instalasi masuklah ke dalam mode Recovery Console dengan menekan tombol "r" pada layar pertama instalasi Windows.
Tampilan Layar Pertama proses Instalasi Windows
Setelah masuk ke dalam mode Recovery Console, maka anda akan ditanya Windows yang mana yang ingin anda install jika hanya punya satu windows maka hanya akan ditampilkan satu saja (1. C:\Windows) masukkan angka "1" lalu tekan Enter. Setelah itu anda akan dimintai Password untuk user "Administrator".

Tolong perhatikan :
Ada account "Administrator" yang dibuat secara default ketika anda menginstall Windows 2000, Windows XP, Windows 2003 Server dll. Ketika masuk ke dalam mode recovery console itulah password yang akan diminta untuk masuk ke dalam mode Recovery Console. Recovery Console bukan meminta password dari "User" yang anda buat sendiri atau yang biasanya anda gunakan untuk masuk ke Windows. Kecuali anda memang menggunakan user "Administrator" untuk masuk ke dalam Windows. Pemberian Password untuk user "Administrator" dilakukan pertama kali pada saat instalasi Windows, dan biasanya ini dibiarkan kosong. Jika memang ada password dan anda lupa, maka saya minta maaf tidak bisa membantu anda.
Tampilan set Password untuk user Administrator pada saat Instalasi Windows
5. Masuklah ke tempat file Explorer.exe berada untuk memastikan filenya masih ada apa tidak. Jika tidak ada silahkan lanjut ke nomer 6, Jika ada ubahlah namanya menjadi Explorer.exe.old dengan cara :
C:\Windows>Ren Explorer.exe Explorer.exe.old

6.  Cari drive letter dari CD-ROM anda (misal drive letternya E:). Untuk mencarinya silahkan gunakan cara menebak isi drive. Misalnya untuk masuk ke drive letter "e" gunakan perintah  e: lalu Enter untuk melihat isinya gunakan perintah dir lalu Enter.

7. Setelah ketemu drive letter dari CD-ROM (Misalnya E:). Ketikkan perintah di bawah ini pada mode Recovery Console. Text yang merah adalah perintah yang harus anda ketikkan sedangkan text hitam adalah tampilan pada Recovery Consolenya.

C:\Windows>expand E:\i386\explorer.ex_ %systemroot%\explorer.exe

Selesai.

6 komentar:

  1. Ada cara lain tidak,jika kita tidak memiliki cd instalasi windows

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa... karena sifat cd instalasi itu kegunaan intinya ada 2 yaitu sebagai booting dan penyedia file explorer.exe yang masih sehat.

      Hapus
  2. tidak bisa lah, kecuali windows 7 di backup dulu pas masih baru

    BalasHapus
  3. saya coba cara lain
    anda pencet CTRL + ALT + DEL maka akan muncul TASK MANAGER
    pada Klik FILE...(new task) Run>>> ketik "explorer" atau "explorer.exe"
    lalu enter...
    kalau belum berhasil anda lakukan cara yang sama dengan diatas lalu pada
    RUN>> ketik "dr.watson" tekan enter
    bila tidak ada failure/kerusakan maka silahkan anda ketik sekali lagi di
    box RUN dengan "explorer" lalu tekan enter...
    thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas saran barunya. Karena saya belum pernah mempraktekkan saran ini maka saya tidak bisa mengatakan berhasil atau tidak. Seingat saya drwatson merupakan salah satu tool yang tersedia di windows yang digunakan untuk debugger artinya tool tersebut digunakan untuk mendeteksi kerusakan yang ada pada sistem windows lalu mencatatkannya pada dr.watson.log

      Hapus