Kamis, 09 Agustus 2012

[ERROR] Hal.dll is Missing

2 comments
Error Hal.dll is missing

Error Hal.dll is Missing

Ada beberapa macam tampilan yang berhubungan dengan hal.dll, diantaranya adalah :
  • "Windows could not start because the following file is missing or corrupt:
    <Windows root>\system32\hal.dll.
    Please re-install a copy of the above file."
  • "<Winnt_root>\System32\Hal.dll missing or corrupt:
    Please re-install a copy of the above file."
  • "Cannot find \Windows\System32\hal.dll"
  • "Cannot find hal.dll"


Error "missing or corrupt hal.dll" yang tampil setelah komputer dinyalakan dan melakukan Power On Self Test (POST). Windows pun belum terload dengan sempurna ketika error ini muncul.
Windows 7 & Vista: Error Hal.dll di Windows Vista dan Windows 7 seringkali mempunyai permasalahan yang berbeda. are often a different issue entirely. Ini hanya berlaku untuk Windows XP

Penyebabnya :

Sebab dari error "missing or corrupt hal.dll" termasuk biasanya, kerusakan pada file yang bernama hal.dll atau bisa juga terhapus dan bisa juga dipindahkan dari tempat asalnya.
Penyebab tambahan mungkin bisa dikarenakan rusaknya file boot.ini atau mungkin juga hard drive yang rusak fisiknya.

Penyelesaian error Hal.dll

  1. Restart PC anda. error hal.dll bisa juga karena kebetulan.
  2. Periksa urutan booting yang benar pada BIOS. Mungkin anda akan melihat error ini jika urutan boot pada BIOS yang pertama kali adalah hard drive yang tidak mengandung Windows anda.

    Catatan: Jika anda baru saja merubah urutan boot atau baru saja mengupdate firmware BIOS (Flashing), ini juga bisa menyebabkan error hal.dll.
  3. Jalankan system restore Windows anda pada command prompt. Jika ini tidak berhasil atau anda masih menerima error hal.dll sebelum anda menyelesaikan proses ini, lanjutkan ke proses berikutnya.
  4. Repair atau copy kan kembali file boot.ini anda dengan yang baru. Ini bisa berhasil jika penyebabnya dikarenakan file boot.ini yang rusak dan bukan file hal.dll. Kasus seperti ini sering terjadi..

    Catatan: Jika memperbaiki file boot.ini tidak berhasil mengatasi masalah error hal.dll tapi masalahnya muncul lagi setelah anda me reboot PC anda dan anda baru saja menginstall Internet Explorer 8. Kalau begini IE8 adalah masalahnya.
  5. Buatlah boot sector baru pada partisi yang mengandung Windows anda. Jika boot sector dari partisi Windows anda corrupt atau tak terkonfigurasi dengan benar, anda bisa menerima error hal.dll ini.
  6. Mulailah mem backup data yang ada pada hard drive anda yang rusak ini jika yang menyebabkan error hal.dll ini adalah fisik dari hard drive ini yang rusak.
  7. Copy kan file hal.dll dari master Windows CD anda. Jika memang penyebabnya adalah file hal.dll itu sendiri.
  8. Lakukan instalasi mode repair dari CD Windows anda. Dengan type instalasi ini bisa memperbarui file-file sistem penting pada Windows yang mungkin salah satunya rusak. Lanjutkan ke step berikutnya jika langkah ini masih belum berhasil.
  9. Lakukan Clean instalasi dari CD Windows anda. Dengan type instalasi ini hard drive anda akan dihapus secara total, lalu akan diisi kembali dengan file Windows yang baru.

    Catatan: Karena tipe instalasi ini akan menghapus seluruh isi hard drive maka sangat disarankan untuk mem backup data-data anda yang penting karena proses ini akan memakan waktu yang lama..

    Penting: Jika anda tidak bisa mengakses file anda pada hard drive anda dari PC lain dan anda bermaksud untuk terus melakukan proses clean install ini maka resiko sudah pasti data anda akan hilang dari hard drive itu nantinya.
  10. Test hard drive anda. Jika semua cara di atas gagal, termasuk clean install. kelihatannya anda menghadapi permasalah pada hard drive anda tapi periksakanlah hard drive anda agar anda lebih yakin..

    Jika pemeriksaan pada hard drive menunjukkan kerusakan, gantilah hard drive anda dengan yang baru. dan selesaikan dengan menginstall ulang Windows anda.

Masih mengalami masalah Error Hal.dll?

Beritahukan pada forum-forum yang antusias untuk membantu anda dalam permasalahan ini seperti pada Forum Support PC dan lain-lain.

2 komentar:

  1. Gan klo permasalahan di windows 7 kira2 apa ya

    BalasHapus
  2. Dicoba dulu cara diatas. Kalo memang tidak bisa silahkan ditulis disini sekaligus spec pcnya.

    BalasHapus