Selasa, 14 Agustus 2012

[TIPS] Mematikan Auto Update Google

0 comments
Disable Auto Update Google
Google Chrome adalah sebuah browser yang dikeluarkan oleh perusahaan raksasa google guna memenuhi permintaan terhadap browser yang ringan dan cepat. Ketika kita menginstall google chrome maka akan ada suatu proses yang akan selalu dijalankan oleh google chrome yang sebenarnya bisa kita matikan. proses ini termasuk dalam Google Update yang terinstall saat anda menginstall Google Chrome. Bagi pengguna internet berkecepatan tinggi dan PC ber-spek tinggi hal ini tidak mengganggu, tapi bagi yang punya PC dengan spesifikasi pas-pasan tentunya tambahan proses semacam ini akan sangat mempengaruhi kinerja itu sendiri. Proses auto-updates itu sendiri melakukan proses rutin setiap saat. Prosedur auto update yang dilakukan oleh Google Update, berdasarkan proyek open-source Omaha.. Auto-updated memberikan segalam macam pembenahan pada program google chrome anda baik dari segi critical issue ataupun limiting exposure.

 Peringatan! : Mematikan auto-updates seharusnya dilakukan setelah pertimbangan matang. Anda tidak akan menerima update sekuriti terbaru jika anda mematikannya.

Mematikan Google Auto-Updates pada Windows

Untuk mematikan auto-updates dari Google Chrome pada sistem operasi Windows, anda harus menginstruksikan Google Update untuk tidak melakukannya. Yaitu dengan :
  1. Menggunakan Google Update ADM templates yang tersedia pada halaman ini atau yang disebutkan pada artikel ini.
  2. Set nilai registry dari HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Google\Update\AutoUpdateCheckPeriodMinutes dengan nilai REG_DWORD bernilai "0".

Turning off Auto-Updates on Mac


Google Software Update adalah yang bertanggung jawab terhadap update dari aplikasi-aplikasi yang dikeluarkan oleh google pada sistem operasi Mac OS X. Pada dasarnya, Google Software Update sekarang ini memeriksa update terbaru setiap harinya. Disamping mematikan fasilitas auto-update, google auto update memberikan fasilitas untuk mengubah frekuensi update nya.

Frekuensi Update

Untuk mengubah frekuensi update dari Google Software Update, lakukan perintah berikut pada Terminal application:

$ defaults write com.google.Keystone.Agent checkInterval <frequency>

Dimana <frequency> adalah jumlah detik yang diberikan untuk update selanjutnya
Untuk menghentikan Google Software Update melakukan proses updates, lakukan perintah berikut pada Terminal application:

$ defaults write com.google.Keystone.Agent checkInterval 0

Manual Update

Google Software Update juga menyediakan sebuah jalan untuk update secara manual terhadap semua software yang dikeluarkan oleh Google bagi pengguna Mac. inilah caranya :
  1. Pada Finder, Pilih Go > Go to Folder.
  2. Pada jendela yang muncul, masukkan salah satu lokasi.di bawah ini. Memang diharapkan salah satu folder ini tidak bisa ditemukan:
    • /Library/Google/GoogleSoftwareUpdate/GoogleSoftwareUpdate.bundle/Contents/Resources/
    • ~/Library/Google/GoogleSoftwareUpdate/GoogleSoftwareUpdate.bundle/Contents/Resources/
  3. pada salah satu folder yang terbuka, double click file yang bernama 'CheckForUpdatesNow.command'.
Terminal akan terbuka ketika anda menjalankan file itu. Ketika anda sudah melihat pesan '[Process completed]' anda bisa menutup Terminal. Kalah sudah, Google programs anda akan up to date.

Mematikan Auto-Updates on Linux

Google Chrome dan Chromium tidak auto-updated secara otomatis di Linux; Package Manager yang menanganinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar