Selasa, 14 Agustus 2012

[TIPS] Mengoptimalkan Mozilla Firefox

0 comments
Mengoptimalkan Mozilla Firefox

Mengoptimalkan Mozilla Firefox

Mozilla Firefox adalah browser saat ini yang paling banyak penggunanya. Browser ini benar-benar gateway untuk mengakses internet global. Banyak situs yang bermunculan setiap hari sehingga jaringan internet setiap saat tumbuh secara mengejutkan, dan kita juga lihat banyak perubahan terhadap software untuk browsernya pula. Mozilla juga melakukannya karena beberapa review positif yang diutarakan terhadap versi Firefox 10.

Tapi seperti yang kita ketahui, web browser anda semakin hari semakin terlihat melambat dengan pemakaiannya setiap hari. Firefox pun tanpa terkecuali, untuk mengoptimalkan firefox tapi ada beberapa tweak yang bisa digunakan untuk mengoptimalkannya. Kuncinya adalah pada kecepatan startup, mengurangi waktu load, dan web page yang bisa diakses.

Perintah untuk Quick Shortcut Firefox


Untuk memulainya kita lihat shortcut yang berguna. Mungkin sulit untuk mengingatnya pertama kali, tapi jika kita gunakan berulang kali maka masalah itu tak akan muncul lagi. Dan saya rasa tak ada cara yang lebih bagus untuk mempercepat web browser anda tanpa menguasai beberapa shortcut.

Mungkin hanya beberapa shortcut yang anda butuhkan. Untuk mengetahuinya anda bisa memeriksasanya lewat google.Disini mungkin akan anda temukan artikel-artikel yang akan membantu anda.

Clear Private Data Firefox

Keamanan adalah hal yang sangat penting ketika anda berselancar di internet. Sampai hari ini hal standartnya lebih kecil resikonya daripada 5 atau 10 tahun yang lalu. Tapi anda harus mengerti dimana data privasi browsing diletakkan dan bagaimana caranya untuk membersihkannya.
Mempercepat Mozilla Firefox
Gambar diatas adalah contoh dari panel untuk membersihkan data privasi anda. Anda bisa memilih seberapa jauh anda ingin membersihkannya bersama dengan tipe data spesifik seperti cookies, cached pages, active login sessinn dll. Saya merekomendasikan kepada anda untuk membersihkan semua data privasi anda setiap kali anda menutup jendela browser anda. Ini adalah rekomendasi saya agar data anda aman. Tapi tentu saja anda bisa menentukan seberapa sering anda melakukannya

Shortcut - Ctrl + Shift + Delete

Mematikan Add-on Toolbar Firefox

Menu Firefox add-ons adalah toolbar kecil yang muncul di bagian bawah dari jendela firefox anda. Dari sini anda bisa mengakses add-on dan menu yang biasanya tersedia di area plugin reguler.

Ini mungkin hanya salah satu dari shortcut yang diketahui tapi bisa bermanfaat jika dipakai seterusnya. Jika anda ingin browser anda lebih langsing dan tidak terlalu berat kurangilah add-ons yang terinstall, ini mungkin kurang menarik. Dan saya harus setuju bahwa software pihak ketika bisa lebih mempercepat browser anda. Cukup ingatlah ini setiap saat anda ingin mencoba plugin baru untuk firefox anda. Semakin banyak anda install add on maka semakin berat jadinya browser anda.

Shortcut - Ctrl + /

Mematikan Jendela Download Firefox

Beberapa kali saya gunakan firefox tidak hanya untuk browsing tapi juga untuk mendownload content yang ada di sebuah situs dan secara tidak sengaja Jendela Download akan muncul. Ini mungkin tidak berbahaya meskipun bisa jadi menyulitkan untuk mencari Menu anda lagi nantinya.  Dengan membuka Jendela Download anda tidak hanya menampilkan download anda saat ini tapi juga proses download yang lalu yang telah selesai ataupun yang gagal. Ini memang menguntungkan jika anda lupa dimana tempat anda meletakkan hasil downloadannya.

Untuk mematikan Jendela Download itu, pilih Menu Tools > Options > pilih tab General, hilangkan centang pada "Show the Downloads window when downloading a file"

Shortcut - Ctrl + J

Meningkatkan Cache Local Storage Firefox

Ketika Firefox menyimpan versi cache dari sebuah website itu bisa meminimalkan waktu load dari permintaan terhadap website itu nantinya. Pada dasarnya anda hanya bisa meningkatkannya sampai 1 Gb. Tapi dengan jumlah yang sebanyak ini, tentunya sangat berbanding terbalik dengan kapasitas harddisk anda yang saat ini sudah sangat besar.

Kalau tidak salah Firefox 8.0 punya local cache storage setidaknya 256MB pada dasarnya. Sejujurnya ini adalah jumlah yang cukup, apalagi jika anda selalu menghapus data privat anda pada setiap anda selesai menggunakan firefox. Tapi jika anda menghabiskan waktu berjam-jam mengunjungi salah satu website berulang kali akan terakumulasi setidaknya 10-15 menit lebih cepat loading halaman dari biasanya.

Mempercepat Firefox
Untuk memunculkan jendela di atas pilih menu Tools -> Options atau Firefox -> Preferences...untuk Mac. Lalu klik lah tab Advanced. Anda akan melihat “Limit cache to” dan disampingnya adalah input untuk angka. Aku telah memilih 1024MB yang mana berarti jumlah maximal yang diperbolehkan. Lalu tekanlah OK dan restart browser anda agar perubahan ini bisa diaplikasikan.

Add-On penting yang harus anda jaga ter update-annya
Ada dua Add-on yang paling penting untuk update dan harus ada pada setiap browser karena kebanyakn situs sekarang ini sebagian besar menggunakannya
  • Shockwave Flash
  • Java Plug-in for Mozilla browsers

Edit system Firefox dengan perintah "About:Config"

Pengguna Firefox diperbolehkan untuk mengubah variabel internal yang terdapat dalam software pada area konfigurasi software. Cukup bukalah tab baru, ketikkan about:config lalu tekan Enter. Anda akan diberikan sebuah peringatan yang menyebutkan bahayanya merubah rubah settingan ini. Tenang saja karena kami tahu apa yang kami lakukan, jadi tekan saja “I’ll be careful” dan anda akan diteruskan pada halaman yang berisi daftar konfigurasi dari firefox anda.

Setiap nilai yang ada pada kolom kiri akan berpengaruh terhadap tipe dari nama variabel yang ada. Konfigurasi ini mengendalikan bagaimana software ini berjalan dan beraksi di balik layar Inilah beberapa yang harus anda rubah.

1. Increase Pipelining
Pada kotak filter di atas ketikkan "network.http.pipelining.maxrequests" Rubahlah menjadi 8, artinya Firefox bisa meminta data hingga 8 channel berbeda. Ini akan mengurangi waktu tunggu anda.

ketika anda rubah nilai di atas anda harus mengaktifkan pipelining untuk melihat Efek utama yang ditimbulkan. Lakukan search dengan kata kunci "network.http.pipelining" pada filter box dan nilai pertama seharusnya bernilai false. Rubahlah menjadi true.

2. Disable Placeholder Image
Suatu waktu ketika Firefox menyadari sebuah halaman akan memakan waktu menampilkannya, dia akan menampilkan placeholdernya dulu. Ini untuk mencegak isi dari halaman tersebut berantakan ketika anda menunggu halaman tersebut muncul secara utuh. Ini memang konsep yang bagus dan memang bernilai tapi aku rasa menonaktifkan fitur ini akan tetap menampilkan isi website itu dengan teratur.

Pada kotak filter di atas ketikkan "browser.display.show_image_placeholders" yang bernilai true. Double-click untuk merubahnya menjadi false dan selesai..

3. Disable Interface Animations
Ketika kita berkonsentrasi untuk menonaktifkan fitur-fitur yang tidak diperlukan mari kita perhatikan pada tampilan browser. Pada dasarnya Firefox menggunakan efek animasi yang kecil ketika anda membuka atau beralih tab. Kelihatannya memang kecil tapi ketika anda menonaktifkannya anda akan terkejut betapa cepat anda bisa berpindah dan membuat tab baru. Pada kotak filter ketikkan "browser.tabs.animate" dan rubahlah nilainya menjadi false.

4. Increase Persisten Connections
Variabel ini mirip dengan pipelining kecuali pada jalur yang akan terbuka nantinya pada sisi server. Konfigurasi ini pertama kali di set lebih rendah pertama kalian agar Firefox mendownload pada kecepatan yang tetap. Tapi jika anda mendownload content yang lebih besar seperti audio dan video connection yang lebih banyak akan lebih terasa bedanya daripada yang sedikit.

Di kotak filter ketikkan "network.http.max-persistent-connections-per-server" dan anda akan menemukan satu hasil. Pada dasarnya bernilai 6 dan rubahlah menjadi 8 tekan okay dan restart browser anda untuk melihat hasilnya.


Kesimpulan
Dengan banyaknya pilihan saat ini pasar Firefox kelihatannya akan bertahan. Teknisi mereka tahu bagaimana caranya untuk membangun software yang stabil dan merk ini yang teratas setiap tahunnya.

Dengan jumlah plugin dan extension yang banyak dan gratis ada banyak solusi untuk setiap masalah. Saya harap tips ini bisa memberikan jalan keluar terhadap masalah kecepatan yang anda alami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar