Rabu, 22 Agustus 2012

[TUTORIAL] Lengkap untuk Newbies - Cara bermain Game Backup

10 comments
Tutorial Bermain PS3 custom firmware

Tutorial - PS3 v3.55 Kmeaw's Jailbreak

PERHATIAN – Jangan mengupgrade firmware PS3 anda ke versi 3.56 atau diatasnya!! versi firmware dari PS3 anda harus berada di 3.55 atau dibawahnya


Hardware yang dibutuhkan:
- Playstation 3 + controller + Kabel untuk controller (Jangan memakai fungsi wirelessnya).
- Computer dengan sistem operasi Windows XP, Vista or 7.
- Flash drive (Flash Disk) dengan kapasitas setidaknya 512mb dan di format dengan file system "FAT 32".




Cara untuk memformat flash drive menjadi "FAT 32":

1 - Masukkan flash drive ke port USB dari PC anda.
2 - Buka "My Computer". Cari lokasi flash drive di explorer, klik kanan lalu pilih "Format ..." (sebuah jendela akan muncul).
3 - Klik "File System" dan pilih "FAT32".
4 - Klik "Start". dan tunggu prosesnya hingga selesai.
5 - Buatlah 2 Folder pada Flash Drive anda, berilah nama folder tersebut dengan nama "GAMES" dan "PS3", di dalam folder "PS3" buatlah folder lagi dengan nama "UPDATE" (Sangat penting jika nama-nama tersebut menggunakan huruf besar semua).


Software yang dibutuhkan:
- Kmeaw's PUP (Sistem Operasi PS3 yang telah ter customize)
- Rogero Manager v8.3 (backup manager)

Instruksi Software:
1 - Pastikan PS3 anda mempunyai firmware official dengan versi 3.55 atau dibawahnya.


Cara mengetahui versi firmware PS3:

1.1 - Nyalakan mesin PS3 anda. Setelah selesai boot dan login, pergilah ke menu sebelah kiri untuk menemukan "Settings". Lalu pergilah ke bawah sampai menemukan submenu "System Settings" lalu tekanlah "X". Setelah itu arahkan ke bawah sampai menemukan "System Information", tekan tombol "X" lagi dan periksa versi yang tertulis di layar tv anda (jika bukan versi 3.55 anda harus meng updatenya) .


Cara update Firmware PS3 menjadi versi Kmeaw 3.55 :

Pergilah kesini

Cara untuk meng copy (membuat game backup) untuk PS3 menggunakan Rogero Manager:

1 - Nyalakan PS3 anda.
2 - Masuklah ke program "Rogero Manager".
3 - Lalu akan muncul kotak peringatan bahwa software ini bukan software resmi, installlah ke PS3 anda.
4 - (Setelah selesai program tersebut akan memeriksa harddrive PS3 anda apakah sudah ada game backupnya) Tampilannya mungkin akan sedikit agak memusingkan. Tekan "L3" untuk merubah tampilan dari daftar game yang muncul nantinya sesuai selera anda.
5 - Masukkan keping cakram bluray dari game yang anda inginkan ke drive PS3 anda. "Rogero Manager" akan membaca cakram tersebut ... dan akan menampilkan nama dari game tersebut (beserta gambar background game nya) (Di daftar, game yang ada di cakram akan berada pada urutan pertama, dan juga akan ada icon untuk memperingatkanmu).
6 - Tekan tombol "Bulat" untuk mengcopy gamenya. "Rogero Manager akan bertanya padamu apakah ingin mengcopy game ini ke harddrive PS3 (pilih "yes") (Peringatan akan muncul yang mengatakan bahwa akan banyak file kecil yang akan di copy dan proses itu tidak akan menampilkan progress bar (pilih "Yes")).
7 - Setelah selesai proses copy tekan "X" untuk kembali ke manager. Setelah kembali, anda akan menyadari bahwa game itu akan muncul dua kali.. ini normal karena game tersebut berada di dua tempat yaitu di harddisk PS3 dan di cakram anda. Untuk mengetahui yang mana yang ada di cakram dan yang mana ada di harddrive cukup arahkan pilihan ke game tersebut dan di bawa akan muncul icon dengan nama "HDD” (hard drive PS3 + dan sisa spasi yang ada), “USB # 1" (flash drive + dan sisa spasi yang ada) serta "Disc" (cakram game). Kotak yang berwarna biru yang lebih cerah adalah tempat dimana game itu berada.

Cara untuk meng copy Game ke flash drive atau harddrive external (yang harus diformat ke File System FAT32):

1 - Untuk meng copy game secara langsung ke flash drive atau external drive tanpa harus melalui harddrive PS3 terlebih dahulu, lakukanlah langkah ke 3 di atas kecuali yang berbeda adalah tidak memilih "yes" tapi memilih "no", Anda akan melihat opsi yang sama, tapi sekarang pertanyaannya adalah apakah ingin di copy ke "USB#1" (pilih "yes") (mungkin akan ada peringatan bahwa akan mengcopy banyak sekali file-file kecil sehingga akan memakan waktu yang lama dan tak akan menampilkan progres bar (pilih"Yes")) (Dan akan ada peringatan lagi bahwa jika ada file yang lebih besar dari 4Gb maka manager akan membagi file ini menjadi beberapa bagian (pilih "Yes")) ...game yang akan mempunyai file tersebut akan mempunyai tanda "_" sebelum nama filenya).
1 - Untuk meng copy dari harddrive PS3 ke Flash drive atau hard drive external, lakukan langkah yang ke 3 di atas. Kali ini anda akan ditanya apakah ingin mengcopy secara langsung ke “USB # 1" (karena hanya ini yang mungkin bisa dilakukan jika anda ingin mengcopy ke “USB # 1”). Pilih "yes".


Petunjuk untuk memblok query $ony's agar console anda tidak di blokir oleh sony:

Ketika kita menyalakan console (dan secara langsung kita telah terkoneksi ke internet walaupun kita belum menyambungkan ke PSN) kita akan menerima permintaan informasi dari server $ony servers (biasanya yang diminta dari kita adalah FM + Console ID + Login ID + Password).

Dan ketika kita tersambung ke PSN... maka pada dasarnya server sony punya akses secara penuh ke seluruh informasi yang ada pada console kita...

Jadi untuk memblok queri dari server Sony, beginilah caranya :

1 - Masuklah ke mode command prompt pada PC dengan pilih "Start" -> "Run" lalu ketik "CMD" setelah muncul maka kita akan mencari alamat gateway dari internet kita dengan mengetikkan "ipconfig / all" pada command prompt. lalu tekan "Enter".
2 - Akan muncul tampilan "Default Gateway" atau "DHCP Server" dan akan anda temukan angka-angka di depannya (misalnya "192.168.1.254"). ini adalah alamat dari router anda, catatlah angka tersebut.
3 - Sekarang bukalah browser anda (Firefox, Opera, Internet Explorer) dan tuliskan alamat tadi ke "address box" nya. akan terbuka semacam halaman untuk konfigurasi router.
4 - Biasanya sebelum membuka halaman konfigurasi router anda akan dimintai "username" dan "password". Jika tidak ada yang merubah konfigurasi internet anda maka carilah model router anda di internet dan anda akan menemukan standard "username" dan "password" dari router anda.
5 - Sekarang pergilah ke bagian firewall (tergantung dari masing-masing router, lokasinya mungkin berbeda-beda.. bisa di parental control, control, atau filter, dll... bacalah manual dari router anda untuk mengetahui lokasi yang pasti dan tambahkan alamat dibawah ini agar firewall anda memblock alamat di bawah ini :
- “auth.np.ac.playstation.net "
- "ena.net.playstation.net"
- "mercury.dl.playstation.net"
- "nsx.np.dl.playstation.net"
- "tmdb.np.dl.playstation.net"
- "us.np.stun.playstation.net"
- "xmb.dl.playstation.net"

(setelah selesai router anda akan memblokir query atau permintaan dari server sony yang ada di alamat tersebut )

======================



Catatan:
- Dengan Firmware modifikasi, anda tidak bisa pergi ke PSN (untuk sekarang setidaknya).


Jika anda mencoba untuk menjalankan sebuah game dan muncul "Layar Hitam", cobalah Manager lain seperti Multiman (Multi Manager)


by Arcangel Mikhael

10 komentar:

  1. Wah ini harus di coba nih.. mantep !! makasih brooo
    http://playstation3arena.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. mksih info.y gan..
    slam kenal yah..
    by Adam :)

    Kunjung blik yah :)
    http://www.aad.web.id
    Thanks ..

    BalasHapus
  3. kenapa data yang di fd fat 32 saya ga bisa di copy data2 PS3 GAMENYA ke PS 3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba copy biasa dulu FD nya di Computer dan pastikan File System FD anda benar-benar FAT 32. kalo bisa dicopy di computer biasa maka ada kemungkinan Mesin PS3 anda bermasalah. Entah dari sisi port usbnya saja atau ada kerusakan yang lebih jauh.

      Untuk memastikannya coba copy dari FD atau HDD yang filesystemnya FAT32 yang lain.

      Hapus
  4. nice http://minyak-ijo.blogspot.com/

    BalasHapus
  5. gan kalau ps3 fw 4.5 bisa gak pake hdd eksternal?
    kalau gak bisa gmna cara menggantinya ke 3.40

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya bisa tapi harus pake dongle. sedangkan jika pake fw diatas (3.55) anda tidak perlu lagi memakai dongle.
      proses menurunkan versi FW PS3 disebut sebagai downgrade. Banyak situs yang menyatakan bisa mendowngrade, tapi saya sendiri belum pernah mencoba mendowngrade FW PS3

      Hapus
  6. Gan Saya Ada game psn di hardisk Saya, gimana Cara memainkannya karna tifak Ada tampilan game psn di multiman

    BalasHapus
  7. Gan ..
    Saya pake Rogero V.4.40 ..
    Trus pas pilih multiman lalu pilih game gabisa dimainin malahan keluar layar hitam bintik2 putih ..
    Udeh saya tungguin 20 menit tapi tetap aja gamuncul apa2 :'(
    Please help me :'(

    #Arigato ..

    BalasHapus