Jumat, 10 Agustus 2012

[TUTORIAL] Cara Bongkar PS3 Fat

0 comments
Cara Membongkar PS3 Fat

Cara Membongkar PS3 (Fat)

Console Game selalu identik dengan kotor dan debu. Membersihkannya akan membuat console kita lebih awet. Pada kali ini akan kami berikan petunjuk bagaimana caranya membersihkan console dengan membongkarnya agar part-partsnya yang rawan debu bisa dibersihkan dengan gampang. 
Yang akan kita pelajari kali ini adalah console dari merk terkenal yaitu Sony Playstation 3 versi Fat. Ingatlah! bahwa dengan membongkar console anda berarti anda telah membatalkan garansi 1 tahun anda dari Sony. Jadi praktekanlah cara ini ketika masa garansi anda sudah habis. Saya tidak bertanggung jawab atas kesalahan yang terjadi pada saat anda mempraktekannya. Jika anda takut salah perhatikanlah baik-baik cara ini dan kalau perlu rekamlah setiap pekerjaan anda agar tidak lupa.


Alat-alat yang dibutuhkan :

  • Obeng Minus dan Plus
  • Magnet agar baut-bautnya tidak berserakan.

Langkah-Langkah untuk membongkar PS3



  1. 1
    1. Cara Bongkar PS3
    Pada sisi sebelah kiri dari console anda seharusnya ada cover atau penutup dan sticker untuk HDD yang ada di dalam. Lepaskan keduanya, Dibawah stiker ada sumbat karet dan dibawahnya adalah baut pertama anda. lepaskan dan juga lepaskan pula HDD dibawah penutup. Dan juga ada baut berwarna biru yang ada di HDD yang sangat mudah untuk dilepas. Pastikan anda menempatkan baut-baut tersebut di wadah sendiri agar tidak hilang.
  2. 2
    Lepaskan penutupnya dengan cara menggesernya, ini akan membuka 7 baut untuk dilepas. Semua baut itu ditunjukkan dengan tanda panah jadi tidak mungkin anda akan melewatkannya.
  3. 3
    Lepaskan penutup kedua. berhati-hatilah ketika melakukannya karena tergantung dari modelnya disini mungkin ada kabel pita yang menghubungkan tombol power dan tombol reject dengan boar. Sekarang anda bisa melihat drive untuk blue ray di sebelah kanan dan power supplynya berada di sebelah kiri.
  4. 4
    4. Cara Bongkar PS3
     4.
    Mulailah melepas blue ray drive. Lepaskan 4 pin yang menempel di depan power supply. berhati-hatilah terhadap kabel pita dibawahnya. Lepaskan kabelnya dan lepaskan unitnya.
  5. 5
    5. Cara Bongkar PS3 Fat
     5.
    Selanjutnya lepaskan power supplynya. Seharusnya ada 5 baut disekelilingnya Power Supply itu dan 3 yang menempel di muka dan 2 menempel di belakang. Ketika melepaskan Power Supply nya akan ada gerigi besar di bawahnya dibawahnya yang sedikit lentur.
  6. 6
    6.
     6.
    Bagian selanjutnya mungkin sebelum ini pada type lainnya, lepaskan wifi card dan antenna nya. Pertama lepaskan 2 baut yang ada di tempat HDD dan lepaskan penutup yang bergeriginya. Selanjutnya lepaskan baut di belakang sehingga bisa melepaskan antenanya dan selanjutnya 2 baut dan lepaskan seluruh cardnya.
  7. 7
    7.
     7.
    Sekarang untuk melepaskan motherboard. Ada 8 baut yang mengikat Mobonya. lepaskan semua. maka akan ada satu lagi di bawah kotak. Akan ada lagi 4 yang mengikat bracket CPU nya, ketika yang ini sudah dilepas kamu bisa melepaskan penutupnya.
  8. 8
    8.
     8.
    Ketika penutup motherboardnya sudah terlepas anda akan menghadapi sedikit jebakan. Anda akan menghadapi masalah ketika mencoba mengangkat motherboardnya; thermal pasta mungkin akan lengkel di CPUnya. JIka itu terjadi jangan paksa untuk mengeluarkan motherboardnya karena anda bisa-bisa merusaknya. Karena anda hanya ingin membersihkan bagian sana, jadi jangan dilanjutkan jika anda tidak punya alasan khusus. Jika memang terlanjur siapkan kompressor untuk meniupkan udara pada kipasnya supaya bersih.
  9. 9
    Ketika motherboard sudah terlepas maka hanya tinggal kipas dan Heatsink untuk CPU. Akan ada 3 baut yang mengelilingi kipas, lepaskan baut ini dan lepaskan kipasnya.
  10. 10
    Sekarang setelah semua bagiannya sudah lepas anda bisa dengan mudah membersihkannya gunakan air blower (compressor udara) untuk membersihkannya sehingga tidak merusak perangkatnya.
  11. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat video ini :
Source : Wikihow.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar