Selasa, 01 Februari 2011

Delphi 7 - ActiveX Data Objects (ADO)

0 comments

ActiveX Data Objects (ADO)

ADO yang merupakan singkatan dari ActiveX Data Objects adalah antarmuka tingkat tinggi (high level interface) yang digunakan untuk mengakses database dari Microsoft. ADO diimplementasikan pada teknologi OLE DB Data Access Microsoft yang menyediakan akses ke database relational maupun database nonrelational, termasuk email, file sistem dan file lainnya.
ADO adalah engine dengan fitur yang dapat dibandingkan dengan BDE, yaitu merupakan data access yang independen dan mendukung database lokal dan SQL Server, engine yang tergolong kelas berat, serta dapat menyederhanakan konfigurasi (tidak tersentralisasi). Secara teoritis, instalasi seharusnya bukan masalah dengan engine yang merupakan bagian dari Windows, namun kompabilitas yang terbatas diantara versi ADO akan memaksa anda melakukan upgrade versi MDAC (Microsoft Data Access Component) agar selalu mendapatkan OLE DB Providers yang terbaru.

Komponen ADO yang ada dalam paket Delphi 5 disebut ADO Express, sedangkan pada Delphi 6 dan Delphi 7 disebut dbGo dan dikelompokkan di page ADO pada Component Pallette.
Tiga komponen utama ADO adalah :
  1. ADOConnection : Untuk koneksi ke database
  2. ADOCommand : Untuk eksekusi perintah SQL
  3. ADODataSet : Untuk mengeksekusi permintaan dan mengembalikan sekumpulan hasil.
ada tiga komponen lain :
  1. ADOTable : Untuk koneksi ke tabel yang diminta dari database yang terkoneksi dengan ADOConnection.
  2. ADOQuery : Untuk mengeksekusi Query-Query dari SQL
  3. ADOStoredProc : Untuk tempat meletakkan prosedur-prosedur atau perintah terhadap Database.
Ketiganya dapat digunakan untuk memindahkan aplikasi berbasis BDE ke ADO. Komponen lainnya, yaitu RDSConnection, digunakan untuk mengakses data pada aplikasi remote multitier

Kelebihan ADO :

  1. Lebih kompatibel dan kualitas yang lebih baik dari rata-rata OLE DB Providers jika menggunakan Ms Access atau MS SQL Server karena driver berasal dari Microsoft.
  2. Juga mendukung driver umum ODBC.
  3. Sangat berdayaguna.

Kekurangan ADO :


  1. Hanya tersedia untuk Operating System Windows dan bukan Operating System yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar