Minggu, 22 April 2012

Bagaimana Cara menghapus Service yang ada pada windows

0 comments
Pada semua Operating System Windows dari Microsoft, Service Windows adalah Daftar layanan yang berjalan pada windows ditujukan untuk melakukan fungsi-fungsi tertentu. Service Windows bisa dikonfigurasi untuk mulai bersamaan dengan booting Windows atau bisa juga diset menjadi manual sesuai dengan yang diinginkan. Konsepnya mirip dengan Unix daemon.
Tampilan jendela daftar Windows services

Ini adalah suatu cara dengan tingkat menengah ke atas. Tidak disarankan bagi yang tidak paham akan fungsi dari Service Windows, karena hal ini bisa berpengaruh bagi system dan juga program-program yang ada. Disini akan saya beritahukan caranya untuk menghapus salah satu service yang ada pada Windows. Mengapa Salah satu service tersebut harus dihapus? terkadang ada program dimana ketika kita menginstall program itu, maka dia juga membuat sebuah service di windows. Dan ketika kita menghapus program tersebut tidak lengkap maka service yang ada pun tidak ikut terhapus.

Ada dua cara untuk menghapus service pada windows, yaitu :
1. Melalui command prompt, perintahnya : sc delete <service name>
untuk mengeluarkan jendela command prompt : Start - Run : ketik cmd lalu Enter.
Jendela Tampilan Command Prompt


2. Melalui Registry Editor, berada pada key : "HKEY_LOCAL_MACHINE/SYSTEM/CurrentControlSet/Services" tinggal klik kanan servicenya lalu pilih "delete". dan Reboot komputer.
untuk mengeluarkan jendela registry editor : Start -> Run : ketik regedit lalu Enter.
Jendela tampilan Registry Editor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar