Rabu, 07 November 2012

Komputer Hang atau Restart sendiri karena suhu processor

0 comments
Memperbaiki komputer Hang

Komputer Hang atau restart sendiri.

Ketika sedang mengerjakan sesuatu dengan komputer anda, tiba-tiba anda dikejutkan dengan komputer yang berhenti sama sekali tanpa ada sebabnya. Atau mungkin tiba-tiba anda dikejutkan dengan komputer yang me restart sendiri. Kejadian ini akan sering anda alami pada komputer yang tidak terawat dengan baik ataupun yang tidak terpasang dengan sempurna.


Sebenarnya banyak hal yang bisa menyebabkan komputer tersebut hang (berhenti sama sekali) ataupun restart sendiri (seperti menekan tombol reset). Masing-masing bisa disebabkan hal yang berlainan pula. Tetapi sebelum itu ada penyebab ringan yang perlu anda periksa karena ini bisa menyebabkan komputer anda berlaku seperti diatas. Suhu atau panas yang berlebihan yang ada dalam komputer bisa menyebabkan komputer hang atau restart sendiri. Lalu apa yang menyebabkan komputer tersebut memiliki suhu yang berlebih.

1. Dari Fan Heatsink (Pendingin) Processor. Pada tiap komputer dengan tipe processor bersoket LGA atau seperti gambar di bawah ini, sangat sering atau cenderung ditemukan pemasangan pengait Fan yang kurang tepat.
Memperbaiki PC Hang
Tahukah anda kalau pengait pada Fan itu rawan patah menyebabkan pemasangan tidak tepat sehingga antara heatsink dan processor tidak menempel dengan benar (loss contact). Atau bisa juga dikarenakan pemasangan terlalu rapat sehingga membuat motherboard seperti melengkung juga bisa menyebabkan Fan Heatsink Loss contact dengan processor.

Fan yang kotor sehingga kecepatan putaran Fan yang berkurang juga bisa menyebabkan proses pendinginan yang lemah bagi prosesor. Lalu berapa kecepatan putaran yang tepat dan tahu darimana?. Usahakan kecepatan putaran dari Fan tidak kurang dari 2000 RPM. Jika kecepatan putaran Fan sudah dibawah itu bersihkan fan dari debu-debu atau kotoran yang menempel dengan kompressor udara bertekanan tinggi karena tempat ini adalah tempat utama debu atau kotoran menempel pada komputer. Jika setelah dibersihkan ternyata kecepatan putaran Fan masih kurang? Lebih anda ganti dengan Fan Heatsink yang baru (Fan dan Heatsink dijual jadi satu).

2. Thermal Paste (Thermal Compound) Processor. Diantara Fan Heatsink dengan processor ada perantara yang disebut dengan thermal paste. Berbentuk seperti pasta, fungsinya adalah untuk mengalirkan panas dengan sempurna antara dua permukaan logam (processor dan heatsink). Thermal paste akan menjadi penghantar yang baik jika penggunaannya tidak terlalu banyak tapi merata dan juga tidak kering. Thermal paste akan lama kelamaan bisa kering. Jika anda periksa thermal paste tersebut sudah kering, segera bersihkan kedua permukaan processor dan heatsink dari thermal paster tersebut hingga bersih lalu beri dengan thermal paste yang baru.
Cara memperbaiki PC Hang atau Restart sendiri

Dimana saya bisa mendapatkan thermal paste ini? Thermal paste biasanya sudah diberikan bersamaan saat anda membeli Fan Heatsink. Atau jika ingin beli sendiri sangat murah dan bisa anda dapatkan pada toko-toko komputer yang terdekat dari anda.


Demikian pembahasan dari penyebab kenapa komputer anda hang atau restart sendiri disebabkan oleh satu sisi yaitu suhu. Sebenarnya masih banyak penyebab lainnya yang bisa menyebabkan komputer anda hang atau restart sendiri. Namun menurut pengalaman saya penyebab inilah yang sering terjadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar