Rabu, 19 Desember 2012

Merawat PC sendiri

0 comments

Merawat PC sendiri

Komputer yang terawat dengan baik akan memberikan performa yang bisa diandalkan setiap saat. Tidak dapat dipungkiri bahwa segala bentuk mesin akan semakin turun performanya setiap hari. Disini ada beberapa tip untuk memberikan waktu yang lama pada turunnya performa komputer :




Dari sisi Software dan Harddrive

1. Bersihkan sampah-sampah yang ditinggalkan oleh browser dan registry-registry yang rusak. Untuk melakukannya kamu bisa menggunakan Disk Cleanup Utility bawaan Windows, atau download program-program gratis yang banyak tersedia di internet seperti misalnya CCleaner. Di Linux kamu bisa menggunakan Kleansweep atau Bleachbit. Cookies dan Cache yang merupakan sampah dari browser bisa menumpuk hingga berjumlah gigabyte di hardisk jika hal ini tidak segera ditangani.

2. Periksa dan hancurkan Spyware / Virus yang ada di komputer. Banyak sekali program antivirus yang bisa digunakan untuk melakukannya. AVG Antivirus adalah salah satu tool handal yang bisa dipakai untuk ini.

3. Jalankan disk Defragment setiap bulannya. Agar jalannya komputer semakin lancar tidak ada salahnya setiap bulan untuk menjalankan program Defragment bawaan Windows agar isi dalam hardisk bisa tersusun rapi. Tool lain semacam Magic Defrag juga bisa digunakan untuk ini.

4. Uninstall Program yang sudah tak terpakai dan hapus musik yang sudah tidak didengarkan lagi. Semakin banyak ruang kosong dalam hardisk bisa menyebabkan jalannya komputer semakin cepat. dan performanya akan semakin bertambah.

5. Gunakan perintah msconfig pada jendela run. fungsi program msconfig bawaan windows adalah untuk memeriksa apa saja yang dijalankan komputer saat pertama kali booting. hilangkan tanda centang pada program-program yang dianggap tidak perlu dijalankan.

6. Backuplah data-data penting dan buat image untuk windows anda. Menyisihkan sedikit biaya untuk membackup data-data penting ke dalam media lain (CD, DVD, Blu Ray, HDD Eksternal dll) adalah hal yang wajib bagi pemilik cpu yang tidak ingin kehilangan data miliknya. Disamping untuk data penting pembuatan image backup dari Windows anda, bisa digunakan untuk mencegah kejadian-kejadian yang tidak diinginkan dari rusaknya windows.

7. Bersikap bijak. Tidak semua program dibutuhkan, dan tidak semua program memerlukan update dari internet. Update yang harus dilakukan antara lain : Update database antivirus, Update Aplikasi Adobe Flash. Dan update-update yang bertujuan untuk perbaikan program yang sudah error sehingga untuk memperbaikinya harus dilakukan update. Dan matikan komputer dengan cara yang benar.  (Dari tombol Shutdown) dan tidak mematikan komputer disaat hardisk sedang bekerja walaupun PC dalam keadaan hang tunggu hingga hardisk selesai bekerja.

Dari sisi Hardware atau CPU

1. Sediakan UPS pada komputer anda. Untuk melindungi komputer anda dari gangguan yang disebabkan oleh listrik sebaiknya sediakan UPS agar komputer anda aman dan tidak cepat rusak dan aman dari korsleting listrik karena setiap UPS selalu disertai dengan sekring untuk melindungi perangkatnya dari lonjakan listrik yang tiba-tiba.

2. Bersihkan Debu di dalam PC. Di dalam PC akan muncul banyak debu dalam waktu kurang dari setahun tergantung letak PC itu. semakin berdebu makan sebaiknya semakin sering anda buka PC itu dan hilangkan debu-debu dan kotoran itu dengan kuas dan lap atau dengan blower angin yang kencang untuk menjangkau tempat sempit (pastikan tidak ada air yang disemprotkan dari blower). Ketika membersihkan Fan Processor dengan blower angin sebaiknya dipegangi fannya agar tidak ikut berputar, karena nanti bisa menimbulkan suara bising saat dinyalakan. Kotoran juga bisa terdapat pada Bawah Mouse dan keyboard serta monitor anda. Maka sering-seringlah membersihkannya.

3. Berhati-hatilah ketika menancapkan sesuatu pada port (USB, Lan, Speaker dll). Port-port tersebut bisa rusak dengan mudah jika kita ngawur dan sering tidak hati-hati dalam menancapkannya.

4. Kembalikan Setting CPU seperti semula (bila overclock). Komputer yang disetting lebih dari yang seharusnya (overclock) bisa menyebabkan usia komponen berkurang drastis. Maka alangkah baiknya untuk mengembalikan setting hardware seperti semula.

5. Jauhkan Komputer anda dari terik matahari langsung, medan magnetik dan barang bahaya lainnya. Tidak ada salahnya kita melakukan pencegahan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Medan magnetik bisa membuat Monitor anda mengalamai kerusakan. Panas berlebih juga bisa menyebabkan komputer anda dalam bahaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar