Minggu, 07 Agustus 2016

Tidak bisa konek internet

0 comments

Tidak bisa tersambung ke internet atau jaringan

Pertanyaan :

Saya telah memasang Alamat IP (TCP IPV4) secara manual di dalam windows 8.1.

Namun ketika saya memeriksa statusnya koneksinya. Saya mendapatkan IP lain. yaitu 169.254.153.198. dengan subnet mask 255.255.0.0. Setelah dicoba cek ke pc lain di jaringan lokal tidak bisa di ping dan ping ke internet pun juga tidak bisa.




Jawaban :

Sebagian besar penyebabnya adalah karena adanya IP CONFLICT. Windows 8/8.1 tidak akan memberitahu anda pesan jika alamat ip anda sedang konlik dengan ip pc lain dalam jaringan lokal yang sama. Malahan akan memberikan IP dari APIPA (Automatic Private IP Addressing) yang memiliki range (169.254.0.1 to 169.254.255.254).

Jadi pada dasarnya masalahnya terletak akan adanya IP Address yang anda gunakan sudah digunakan oleh orang lain. Ataupun Gateway yang anda gunakan sudah digunakan oleh Network Card yang lain. Jika anda memiliki dua buah cara untuk menyambungkan ke jaringan lokal (WIFI dan Kabel LAN) Sebaiknya yang satu diatur dengan Jaringan Otomatis Atau dua-duanya jaringan otomatis. 

JIka anda gunakan diagnostic dari windows maka yang diberikan biasanya adalah dengan mengaktifkan IP Otomatis.

Jangan menggunakan NETSH WINSOCK RESET karena perintah itu tidak akan menyelesaikannya sebelum anda menyelesaikan masalah konlik IP tersebut.


Catatan :

Selain dari masalah di atas. Ada juga masalah APIPA akan aktif jika di jaringan lokal anda tidak memiliki DHCP Server (Server pemberi IP Otomatis). sehingga jika PC anda meminta IP kepada DHCP Server dan tidak mendapatkan respon maka alamat IP dari APIPA akan diberikan kepada PC anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar