Rabu, 07 Oktober 2020

Cara Install E Faktur 3.0

0 comments

Cara Install E Faktur 3.0

E-Faktur adalah sebuah aplikasi dari Direktorat Jenderal Pajak yang digunakan untuk membuat Faktur Pajak. Aplikasi ini adalah aplikasi Desktop, artinya aplikasi ini dijalankan pada komputer. Aplikasi ini tersedia pada 3 macam Operating System (OS). Windows(32bit dan 64bit), Linux(32bit dan 64bit) dan Macintosh(64bit). Untuk versi Web disebut sebagai E-Nofa.

Rasanya kurang tepat jika dikatakan sebagai "cara install E Faktur 3.0" Karena pada dasarnya aplikasi yang disediakan Dirjen Pajak bukan link utuh aplikasi E Faktur versi 3.0, namun link yang disediakan oleh Dirjen Pajak terdiri 2 macam, yaitu aplikasi utama E Faktur versi 2.2 dan Update E Faktur versi 3.0. Benar! anda harus melalui 2 tahap untuk bisa menggunakan E Faktur Versi 3.0.

Versi Aplikasi E-Faktur yang terbaru adalah versi 3.0 dengan perbedaan yang mencolok adalah adanya tambahan fitur Prepopulated Data. Yaitu :

  • Membantu Wajib Pajak mengisi SPT Masa PPN secara lengkap, benar dan jelas, khususnya form 1111 B1 untuk nomor PIB sehingga tidak terjadi kesalahan masukan yang dapat merugikan Wajib Pajak.
  • Membantu Wajib Pajak mengisi SPT Masa PPN secara lengkap, benar dan jelas, khususnya pada form 1111 B2 untuk Pajak Masukan.
  • Pembuatan Faktur Pajak dan pelaporan SPT Masa PPN terhubung.
  • Langkah-langkah melakukan Instalasi E-Faktur 3.0 :

    1. Jika anda adalah Wajib Pajak Lama yang sudah menggunakan E Faktur versi lama (2.2) silahkan lanjutkan ke langkah 3. Untuk Wajib Pajak Baru yang belum pernah menggunakan E-Faktur. Silahkan unduh link untuk mendapatkan aplikasi E Faktur versi 2.2 di url "https://efaktur.pajak.go.id/aplikasi" atau klik disini:
    2. Ekstrak File hasil unduhan "cth : EFaktur_Windows_32bit.zip" ke folder tertentu. Lalu dobel klik (klik 2x) file hasil ekstrak "cth : EFaktur_Windows_32bit.exe". dan ikuti petunjuk yang ada untuk instalasi seperti : Masukkan folder tujuan instalasi (Destination Folder) contohnya : C:\ lalu klik Ekstrak ( hasilnya adalah folder "EFaktur_Windows_32bit").

    3. Silahkan unduh link "Patch Update Aplikasi E-Faktur 3.0" seperti di bawah ini


    4. Ekstrak File hasil unduhan "cth : patch_efaktur30_win32.zip" ke folder tertentu  "cth :drive D" (asalkan bukan folder E Faktur yang lama). Hasil Ekstrak akan berupa folder lalu copy 3 file di dalamnya : yaitu ETaxInvoice, ETaxInvoiceMain dan ETaxInvoiceUpd ke dalam folder aplikasi E Faktur lama anda (versi 2.2) dan replace atau timpa file yang ada di dalamnya.

    5. Dobel Klik ETaxInvoice.exe atau shortcut ETaxInvoice lama anda di desktop untuk menjalankannya.
    6. Tunggu beberapa saat untuk update. Pilih Database, lalu masukkan username dan password untuk login Jika berhasil akan muncul gambar dengan perbedaan seperti di dalam kotak merah. :



    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar