Jumat, 16 Maret 2012

[TUTORIAL] Update Firmware PS3

25 comments

Update Firmware PS3

Official Firmware Sony PS3 Versi 3.60 telah keluar.
Untuk Akses PSN bagi PS3 yang masih 3.55 Sudah ditiadakan. Jika kamu masih ingin memainkan game-game yang bisa di backup di harddisk jangan membeli PS3 dengan firmware 3.56 atau 3.60 atau mengupdate ke versi tersebut.

Cara Update Firmware PS3

Petunjuk untuk Update Firmware PS3 versi 3.55 !

Yang dibutuhkan :
1. CFW 3.55 (Custom Firmware versi 3.55)
2. OFW 3.55 (Official Firmware / Firmware asli dari Sony versi 3.55
3. Aplikasi Backup Manager (Disini menggunakan Gaia Manager versi 2.01)
4. Sebuah USB FLash Memory (Flash disk) ukuran 2Gb yang diformat dengan File System FAT32
5. Sebuah Mesin PS3 (tentunya) + Stick kabel.

Cara-Caranya :
1. Buatlah Folder di Flash disk anda dengan susunan Folder berikut dan namailah \PS3\UPDATE
2. Ketahuilah Firmware tipe berapa yang terinstall di mesin PS3 anda, caranya :
XMB Menu -> Setting -> System Setting -> System Information
Jika versinya adalah 3.55 (Official Firmware) langsung ke langkah ke-3
Jika bersinya adalah 3.55 (Custom Firmware) install lagi yang Official Firmware versi 3.55 pada recovery mode lalu lanjut ke langkah ke-3

Cara Masuk ke recovery mode PS3 :

ketika Mesin PS3 mati (lampu merah) nyalakan dengan menekan dan menahan tombol power hingga terdengar bunyi Beep 2 kali.
Tunggu hingga di layar muncul perintah untuk menyambungkan Stik dengan kabel USB dan tekan tombol PS dan ikuti perintahnya.
Anda sudah berada pada recovery mode dengan menu 1- sekian.

Jika versinya lebih kecil atau 3.50 lanjutkan membaca ini :
Rename Folder PUP di OFW 3.55 menjadi PS3UPDAT.PUP
Dan letakkan Folder PS3UPDAT.PUP tersebut beserta isinya pada Folder \PS3\UPDATE di Flash disk
Masukkan Flash disk ke mesin PS3 melalui XMB Menu (Settings -> System Update -> Update via Storage Media).

3. Sekarang Firmware sudah berada versi 3.55 Official dan lanjut untuk menginstall CFW 3.55

4. Rename Folder PUP di CFW 3.55 menjadi (CFWkmeaw.PUP) menjadi PS3UPDAT.PUP
Dan letakkan Folder PS3UPDAT.PUP tersebut beserta isinya pada Folder \PS3\UPDATE di Flash disk
Jika diminta untuk overwrite katakan YES saja.

5. Pergilah ke XMB Menu (Settings -> System Update -> Update via Storage Media) dan proses install CFW 3.55 dilaksanakan.
Catatan : Jika keluar kata-kata "you already got the latest version " Restart mesin PS3 dan masuklah ke Recovery Mode dan pilihlah System Update dari menu.

6. Setelah reboot anda seharusnya sudah melihat file-file dari paket instalasi dan app-home/PS3_GAME di dalam Folder.

7. Tambahkan paket UP0001-GAIA01985_00-7679866932773369-GAMES yang terletak di dalam Folder GAIA Manager ke dalam USB dan install dari opsi atau menu "Install Package files"

8. Jalankah Gamenya dan selamat menikmati
UPDATE: GAIA MANAGER 2.07 Disini
UPDATE: CFW 3.55 Disini

UPDATE: OFW 3.55 Disini



25 komentar:

  1. sudah tahan power beberapa detik power tapi tida bunyi beep,tidak ada reaksi
    gimana tu mas bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menahan power beberapa detik yang pertama adalah untuk menyalakan lalu mematikan mesinnya.
      Setelah mesin mati lagi tahan tombol powernya untuk beberapa detik lagi dan sampai terdengar bunyi beep 2 kali lalu lepas.

      Hapus
  2. Bos minta saran donk. W baru beli ps3 yg fat. Systemnya 4.25 bos. w agak susah maen game dari hdd external. Mohon penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau itu saya kurang tahu coba aja pake Jailbreak. karena ini hanya bisa untuk PS3 FAT dengan Firmware di bawah 3.55 kalau versinya di atas itu maka harus di downgrade, tapi saya belum tahu cara untuk downgrade firmware.

      Hapus
  3. wah tutorialnya mantab
    bagi yg mo nyobain pasti berhasil nich coz arahannya sudah bener tuch.
    blog saya jg ngebahas tentang Tutorial 3 langkah mudah Jailbraking Play Station 3 and hampir sama dengan tut yg diatas.
    btw sob admin please coment saya di uprove ya nyambi blogwalking nich, ane tunggu kunjungan baliknya thanks.

    BalasHapus
  4. ps3 ku udah versi 3.55 tapi main game nya putus-putus, seperti main Need 4 Speed, knapa tu ya???
    Tolong dijawab ya admin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau anda pakai CD kemungkinan disknya. kalau pakai hdd / backup game dan game yang lain masih ok. kemungkinan besar file game tersebut. tetapi jika pakai hdd tapi putus-putus di semua game maka ada kemungkinan hddnya dah gak bagus.

      Hapus
  5. Klo Ps3 ada tulisan cannot start. The appropriate system storage was not found. Knapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tulisan tersebut muncul pada waktu Setelah menyalakan Mesin PS3 ataukah pada waktu akan main Game atau pada waktu akan masuk ke aplikasinya.

      Jika muncul setelah Mesin PS3 menyala : kemungkinan paling ringan. hardisknya tidak terdeteksi atau bisa juga kurang menancap atau bisa juga hardisknya rusak. Untuk testingnya bisa pakai CPU. anda bisa melihat apakah terdeteksi atau tidak pada bios CPU. Anda tidak akan bisa melihat di Explorer (Windows) karena file system hardisk yang digunakan di PS3 bukan NTFS atau FAT. Kemungkinan TERPARAH adalah FIRMWARE PS anda yang rusak. Untuk ini saya belum tahu solusinya.

      Jika muncul pada waktu menjalankan aplikasi atau game : kemungkin paling ringan hardisknya juga tidak terdeteksi atau kurang menancap atau bisa juga file game/aplikasi game anda tidak lengkap (corrupt / terhapus) dan bisa juga memang hardisknya yang rusak.

      Hapus
    2. itu hardisk dalam atau luar?

      Hapus
    3. bisa diperiksa satu2.... tapi jika dari awal sudah muncul hal tersebut berarti hardisk dalamnya bisa jadi yang bermasalah.

      Hapus
  6. mengapa ps3 saya tidak bisa di matikan lewat tombol power gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya untuk mematikan mesin PS3 bukan dari tombol power. tapi seperti shutdown pada PC. Jika terus-terusan pake tombol power bisa berakibat buruk pada mesin PS3nya.

      Hapus
  7. cfw 3.55 ingin mengupdate versi cfw 4.30 . apkah game yg sebelumnya berda d hard disk internal ps nya tetap bisa d mainkan ?

    gamenya versi cfw 3.55 ingin d mainkan d cfw 4.30. apkah tetap bsa min?
    tlong pencerahannya min !!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saran saya pindahin dulu backup game di hdd internal ke hdd external. Karena penggantian versi firmware biasanya juga disertai penghapusan seluruh sistem.

      Hapus
  8. gan ane baru beli hardis eksternal (WD)500Gb (fat32)ps3 FW4.5 tapi gak ke baca sama ps3 ane padahal sdh di isi game dan polder ps3?update, pertanyaannya polder apa lagi yang hrs disimpan dlm hdd extnya? (kalau pake hdd di tukang isi game bisa malah bisa dimainin langsung) tapi kalau pake hdd punya ane tidak kenapa ya gan?
    tolong penjelasanya gan ane tunggu. makasih sebelumyna gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini adalah di luar topik diatas. Sebenarnya Folder yang ada di hdd hanya folder GAMES (dengan huruf besar semua) lalu folder yang berisi game2 tersebut dan nama foldernya selalu dalam huruf besar semua. Tidak semua game bisa dibaca oleh PS3. Coba baca isi hdd ada pakai aplikasi "backup manager" di ps3 anda. aplikasi ini fungsinya seperti windows explorer di PC dan biasanya sudah tersedia di semua PS3 yang bisa membaca hdd external. aplikasi ini punya banyak nama. disini saya menggunakan GAIA Manager.

      Hapus
  9. gan untuk recovery backup.,ane dh ikutin tutor dari agan.,tapi pas dari warna merah stanby di tekan ps kan langsung hidup tapi gak mau mati lagi..

    terus file yang ane dowloada untuk upgrade cfw gak kebaca di storage media ps3 nya gan..,

    gimana ya..????
    mohon infonya gan..???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk masalah tombol power saya sudah mencobanya dan bisa. kalau ada masalah tak bisa mati lagi saya kurang tahu. yang saya gunakan adalah PS3 Fat yang lama.

      Untuk tidak kebacanya file upgrade pastikan file system Flashdisk kamu adalah FAT32 bukan NTFS.

      Hapus
  10. maaf kak saya mau tanya. kenapa ya ps 3 fat saya tbtb mati, dan pas saya nyalakan hanya lampu hijau saja dan tidak keluar gambar apa apa di tv saya. itu kenapa ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf ya. belum pernah mengalami hal seperti itu. coba pakai kabel HDMI yang lain atau TV yang lain. Jika masih belum bisa dan masih garansi lebih baik diurus garansinya saja.

      Hapus
  11. Hal tersebut terjadi karena Dongle USB untuk Jailbreak anda sudah rusak. Lebih baik ganti Dongle saja karena jika sudah upgrade Firmware dan menurut anda kurang bagus maka saya kurang yakin mesin PS3 anda bisa di downgrade

    BalasHapus
  12. bos ps3 gw versinya masih 3.55 nih. klo gw upgrade langsung yang keluaran terbaru 4.55 bisa gag yaa?

    BalasHapus
  13. bang saya kan pengen instal game baru yah pas katanya pengen di isntal katanya gk bisa ke baca itu harus upgrade apanya biar game baru atau game yang pengen ke install biar kebaca di ps 3 gw bang tolong pencerahannya dan minta fbnya boleh

    BalasHapus
  14. om ps3 fat saya kug setelah format hd selalu minta instal ofw 3.56 dan tidak bisa masuk xmb cm bisa msug recovery mode tiap di instal ofw pasti ega kebaca data is no found (ega kebaca ) tp tiap diinstall cfw kebaca tp tiap proses update data pasti corupted 8002f157

    BalasHapus