Kamis, 30 Agustus 2012

[ERROR] Akses Windows Firewall

4 comments
Error akses Windows Firewall

ERROR Akses Windows Firewall

Suatu ketika anda ingin melihat konfigurasi yang ada pada Firewall bawaan Windows yang ada di control panel, namun yang terjadi adalah anda mendapatkan pesan dari Windows yang menyatakan "Karena suatu masalah yang tidak diketahui, windows tidak bisa menampilkan setting dari Windows Firewall anda".


Mengapa masalah di atas terjadi? Hal umum yang menyebabkan ini adalah dikarenakan Windows Services yang digunakan oleh Firewall ini dalam keadaan berhenti (Stopped) ataupun hilang dari daftar Windows service. Mengapa service ini bisa berhenti? banyak hal yang menyebabkannya.

Error Windows Firewall
Jendela tampilan services.msc - letak firewall dan ICS service

Gejala kerusakan :
  1. Windows Firewall/Internet Connection Sharing (ICS) service tidak terinstall pada Services.msc Console.
  2. Windows Firewall/Internet Connection Sharing (ICS) service terinstall pada Services Console, tapi kemungkinan anda tidak bisa men-start service nya.
  3. The following error occurs when accessing the firewall settings (firewall.cpl). 

Due to unidentified problem, Windows cannot display Windows Firewall settings.

Error Windows Firewall
Pesan yang muncul ketika terjadi error pada Setting Windows Firewall

Penyebabnya : 
  1. Ini terjadi dikarenakan adanya registry key yang hilang atau corrupt, yang mana registry key ini sangat dibutuhkan oleh Windows Firewall Service. Ini biasanya terjadi jika system anda terkena Virus atau Malware, atau mungkin efek karena penghapusan oleh antivirus. Sebaiknya bersihkan dulu system anda dari kemungkinan adanya virus.
  2. Disebabkan adanya program yang mempunyai Firewall tersendiri seperti antivirus atau Windows Live OneCare. Dua Firewall tidak bisa jalan bersamaan, jika ada firewall baru maka default Windows akan otomatis mati.

Solusi kasus 1

Cara ke-1
Bukalah jendela command prompt windows dengan klik "Start->Run" dan ketikkan : "cmd" (tanpa petik) lalu tekan enter, pada jendela command prompt ketikkan :

netsh winsock reset

lalu restart komputer anda. Setelah restart cobalah untuk membuka Firewall setting di Control Panel. Jika belum bisa cobalah "Cara ke-2".

Cara ke-2
Download sharedaccess.reg (hanya untuk Windows XP Service Pack 2 atau Service Pack 3) simpan dan jalankan (merge). Setelah itu restart PC andaand save to Desktop.
Setelah restart Windows, buka command prompt dengan menekan "Start->Run". dan ketikkan :
"cmd" (tanpa petik) lalu tekan enter, pada jendela command prompt ketikkan :

CMD /K NETSH FIREWALL RESET

Bukalah Firewall applet dari Control Panel, apakah sudah berhasil membuka jendela setting Windows Firewall.
Jika cara diatas masih belum bisa, maka usaha terakhir sebelum mencoba install ulang adalah lakukan cara ke-3 dibawah ini.

Cara ke-3
Cobalah perintah ini pada jendela command prompt :
rundll32 setupapi,InstallHinfSection Ndi-Steelhead 132 %windir%\inf\netrass.inf
perintah diatas bisa memperbaiki sebagian besar setting Firewall ketika dicoba. Setelah mengetikkan perintah diatas, restart Windows dan ketikkan perintah berikut di jendela command prompt :
CMD /K NETSH FIREWALL RESET

4 komentar:

  1. komputerku sering mati tak bisa connect ternyata firewall mati, diaktifkan gak bisa, trus direstart balik normal lagi tapi dipakai gak lama kambuh gitu lagi, direstart lagi, capek restart terus jadinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah sudah diperiksa :
      1. Apakah anda memakai antivirus yang punya firewall juga.
      2. Sebelum mencoba cara di atas sebaiknya bersihkan dulu PC anda dari virus-virus yang ada dengan memakai antivirus. Pembersihan akan terjadi dengan sempurna jika anda membersihkannya di PC lain yang masih bersih dan Antivirus yang selalu update.
      Caranya bongkar PC anda dan pasangkan ke PC lain dengan menggunakan kabel IDE/SATA to USB. Jika anda memakai kabel IDE/SATA yang menancap di motherboard. dikhawatirkan pembersihan masih belum sempurna.

      Hapus
  2. sudah pake cara tersebut tapi ga bisa, setelah di liat error pada network connection itu ada service yang harus aktif yaitu
    " Windows Management Instrumentation "
    setelah servicenya aktif firewall bisa di buka kembali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah baru tahu saya... memang di windows xp service-servicenya sering tiba-tiba mati sendiri.

      Hapus