Selasa, 11 November 2014

[ERROR] 0x000003e3! Windows Can't Connect to the Printer!

0 comments

WINDOWS CANNOT CONNECT TO THE PRINTER! ERROR 0X000003E3 (GAGAL MENAMBAHKAN PRINTER SHARING CLIENT WINDOWS 7)

Banyak cara dari client untuk menambahkan printer sharing dari sisi client. Printer sharing punya beberapa keuntungan dan kekurangan. Yaitu :

Keuntungan :
- Ekonomis
- Tidak Ribet



Kekurangan :
- Untuk Printer Multifungsi yang bisa disharing hanyalah fungsi printernya saja. Sedangkan Scanner dan Copy tidak bisa dipakai bersamaan.
- Karena banyak yang memakai. Print Job atau Antrian perintah seringkali membuat masalah ngadat jika terlalu banyak yang melakukan cetak secara bersamaan.

Error 0x000003e3 muncul ketika client ingin menambahkan printer dari pc host (pc pemilik printer) dan keluar ketika proses install drivernya sedang terjadi. Penulis mengalami ini setelah sebelumnya telah ditambahkan printernya, lalu muncul error "Need update driver". Ketika driver diupdate, penulis menerima error 0x000003e3. Akhirnya tanpa pikir panjang penulis mencoba untuk menghapus printer error yang sudah terinstall di printer client tersebut dan menginstall ulang printer tersebut. Tetapi error yang sama juga muncul ketika proses install drivernya dimulai. Sebenarnya penulis menemukan permasalahannya sederhana. Yaitu driver printer di PC Host (PC pemilik printer) mengalami masalah, sehingga penyelesaiannya yaitu dengan cara printer dihapus lalu diinstall ulang kembali drivernya. Tetapi terkadang permasalahan-permasalahan tambahan pun muncul. Berikut alur pengerjaan awal yang dilakukan penulis.

  1. Mengecek status jaringan dengan perintah ping [namacomputeratauIPtujuan] -t contoh perintah : ping server -t atau ping 192.168.1.1 -t dari windows Run (Winkey + R).
  2. Jika ada Reply bla.. bla.. maka koneksi jaringan tidak ada masalah. Jika hasilnya selain itu, maka perlu diperiksa hal-hal berikut :
    • Fisik : Kabel jaringan dan hub / switchnya.
    • Alamat :  periksa computer name dan alamat ip dari pc hostnya.
    • Firewall : periksa firewall atau antivirus yang ada di pc host. Cari tahu konfigurasi masing-masing antivirus yang digunakan agar dapat mengubah setting "File Sharing and Printer" jadi allow. Jika Antivirusnya tidak memiliki fungsi firewall, Periksa juga konfigurasi Firewall Windows di PC hostnya.
  3. Periksa setting Firewall di computer client. pastikan "File Sharing dan Printer" terkonfigurasi Allow atau diperbolehkan.
  4. Hapus printer yang ada di PC Host maupun client.
  5. Install kembali printer di PC Host lalu sharing. (Replace driver lama dengan driver baru)
  6. Install kembali printer sharing di PC Client. (Replace driver lama dengan driver baru)

cara buka konfigurasi firewall Windows 7: Control Panel->System and Security->Windows Firewall
Konfigurasi Firewall Windows 7.
Pastikan "File and Printer Sharing" tercentang lalu OK.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar