Senin, 20 Januari 2014

INK CARTRIDGE CANNOT BE RECOGNIZED ( CARTRIDGE TAK TERDETEKSI)

2 comments

ERROR EPSON STYLUS PHOTO R230 "INK CARTRIDGE CANNOT BE RECOGNIZED" ATAU TIDAK TERDETEKSI

Epson Stylus Photo R230 adalah tergolong printer yang awet dan bandel. walaupun dipakai untuk tinta modif, head dari printer ini tidak gampang runtuh. Berbeda dengan tipe-tipe dibawahnya yang akan cepat sekali runtuh. Untuk kualitas sudah tidak diragukan lagi. Hasil cetak yang dihasilkan bisa sekelas studio photo. Printer ini menggunakan 6 macam tinta. Sehingga variasi gradasi dari warna yang akan dicetak banyak sekali, ini menjadikan hasil cetak yang bagus.


Cartridge tinta tidak terdeteksi
 Cartridge tinta tidak terdeteksi

Cartridge tidak terdeteksi ("Ink Cartridge Cannot Be Recognized") adalah error yang saya temui ketika saya memakai printer Epson Stylus Photo R230 versi modif. Sebelumnya saya sering menterjemahkan bahwa ini adalah waktunya untuk ganti chip cartridge (karena chip dan cartridge jadi satu maka saya ganti semua). Tetapi ketika keadaan tidak memungkin untuk beli cartridge modif yang baru (baca : terhimpit waktu dan uang) saya mencari akal agar bagaimana caranya printer ini bisa dipakai pada saat ini juga dan akan saya belikan cartridge baru besoknya saja agar keesokan harinya tugas saya hari ini sudah selesai. Setelah berkali-kali mencobanya (baca : mengakali) baik dari fisik maupun secara software akhirnya saya dapatkan suatu cara untuk membuat printer tersebut kembali normal.

Catatan : Seperti gambar diatas, hal ini berlaku ketika semua cartridge tidak terdeteksi. Penulis belum pernah mencobanya pada cartridge tinta yang tak terdeteksi sebagian.

1. Tekan indikator tinta pada printer sampai Head menuju tempat untuk penggantian cartridge.
2. Keluarkan semua cartridgenya
3. Matikan Printer seperti biasa (dengan menekan tombol power pada printer) selama 10 - 20 menit.
4. Cabut juga kabel power printer dari PLN dan kabel USB pada PC
5. Bersihkan media tembaga chip pada masing-masing cartridge dengan penghapus pensil
6. Masukkan kembali cartridge ke dalam printer.
7. Nyalakan printer dengan normal dan pasang kembali kabel USBnya pada PC.

2 komentar:

  1. Gan,,,
    Msih tetep tdk terbaca salah satu y?
    Bmn tuh gan?

    BalasHapus
  2. Mohon dibaca catatannya. Metode ini hanya berguna jika yang tidak terdeteksi adalah SEMUA cartridge bukan salah satu atau sebagian.

    Catatan : Seperti gambar diatas, hal ini berlaku ketika semua cartridge tidak terdeteksi. Penulis belum pernah mencobanya pada cartridge tinta yang tak terdeteksi sebagian.

    BalasHapus