Senin, 23 April 2012

Print Macet atau Stuck

0 comments

Sering sekali ketika kita mau mencetak dokumen, naskah, gambar dan lain-lain baik itu di rumah, sekolah, kantor mengalami yang namanya macet atau tidak mau memproses cetakan pada printernya. Dimana letak kesalahannya kesalahannya? Berikut adalah beberapa hal yang menyebabkan printer kita macet.
  1. Bertumpuknya antrian pada print job.
  2. Status printer yang tidak normal
  3. Koneksi dari PC - Printer
  4. Kerusakan pada sisi software PC


Banyak orang menjadi bingung mengapa print saya tidak mau jalan padahal status print saya ok, koneksi juga ok. lalu dari mana? Sebelum bertambah bingung, alangkah baiknya kita lihat dulu dari sisi antrian print job dari printernya. bagaimana caranya : Tekan Start -> Printers and Faxes.  Klik kanan Printer -> lalu pilih Open
Contoh tampilan antrian dari print job.
Dengan bertumpuknya print job bagi printer. maka otomatis jika anda memberi print job lagi maka akan ditaruh pada antrian yang paling bawah. Periksalah! apakah print job yang sebelumnya sudah tercetak dengan benar atau tak ada reaksi? jika tak ada reaksi hapus saja print job yang ada dengan cara klik kanan lalu pilih delete.


Untuk print job yang stuck? sudah di hapus tapi tak mau hilang masih nongol aja. ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menghapusnya.

1. Matikan Printer lalu nyalakan lagi. hal ini akan menghapus antrian printer yang macet atau stuck. jika belum berhasil lanjutkan cara kedua.
2. Matikan service Print Spooler. Caranya : Start -> Run ketik "services.msc"(tanpa petik) lalu tekan enter. Carilah service yang bernama Print Spooler Klik kanan dan restart. Jika belum berhasil maka lakukan langkah ketiga.
Tampilan jendela Windows service


3. Klik kanan Print Spooler lalu pilih Stop. bukalah windows explorer dan ketikkan ini di address bar.  "%windir%\System32\spool\PRINTERS" (tanpa petik). dan hapus semua file yang ada disitu. Kembali ke Print Spooler lalu pilih Start. Jika anda lebih suka menggunakan baris perintah. anda bisa membuat mengcopy perintah dibawah ini ke notepad dan simpanlah menjadi dengan nama delete print job.bat dan klik dua kali untuk menjalankannya.
net stop spooler
del %systemroot%\system32\spool\printers\*.shd
del %systemroot%\system32\spool\printers\*.spl 

net start spooler


Jika masih belum bisa maka restartlah PC anda.


Lokasi file yang harus di delete


Tidak ada komentar:

Posting Komentar