Minggu, 13 Mei 2012

Repair Paradox database

0 comments

Ketika saya ditugaskan untuk menggantikan IT yang lama untuk merawat komputer perusahaan mulai dari hardware hingga software yang ada, setelah saya amati ternyata tidak seberapa berat. Hanya satu yang mengganjal saat itu, program buatan sendiri yang digunakan. Tanpa adanya blueprint dan Manual ataupun berkas-berkas proses pembuatannya, dan hanya tersisa source code yang kebetulan saya paham bahasa yang digunakan yaitu bahasa pemrograman visual Delphi agak sedikit lega rasanya. Tapi kelegaan itu tak berujung lama ketika beralih ke database yang digunakan yaitu database paradox. benar-benar tak mengerti mengapa program sebagus ini masih menggunakan database paradox dan tidak menggunakan Database Management System yang lebih populer saat ini?

Setelah sekian hari bergelut mempelajari program tersebut dan databasenya, suatu ketika masalah pun muncul. Mudah sekali database ini tabel atau header yang corrupt dan lain sebagainya. Kebingunan pun melanda, padahal struktur tabel belum semua terdokumentasikan oleh saya, sehingga mau tidak mau saya harus memperbaiki database tersebut. ketika search dan mencari-car baik di mbah google maupun search engine lainnya. ketemu bermacam-macam tool software untuk memperbaiki, walaupun bersifat trial saya coba untuk menggunakannya, dari mulai nucleus kernel paradox, paradox autoinc repair, dr. regeneer - paradox repair dan paradox data editor. Namun hanya satu tool yang bisa mengatasi masalah saya, disebut Dr Regeneer - Paradox Repair. PTool ini sangat ringan ukurannya dan mudah dalam penggunaannya. Ada dua cara untuk membuka database yang akan di perbaiki, dari alias yang dihasilkan oleh Borland Database Engine (BDE) ataupun langsung menuju folder tempat file database berada.

 Banyak Program yang menggunakan Database Paradox (*.db) sebagai tempat penyimpanan datanya. Database Paradox bisa saja rusak berkali-kali dikarenakan program yang mengakses ke databasenya mengalami Crash, meskipun harddisknya sendiri tidak ada kerusakan. Bahkan program yang sesuai mungkin menunjukkan gejala yang tidak bisa dijelaskan, seperti perhitungan yang salah atau hasil yang konyol. Yang paling parah adalah tidak bisa jalan sama sekali. Sepintas terlihat seperti hancur. Seringkali pengguna membuat suatu kesalahan dengan menginstall program secara keseluruhan. Tapi alasan sebenarnya adalah database yang Corrupt dan bukan program tersebut. 

Program ini memverifikasi mana tabel yang error lalu me-repair (memperbaiki) database yang diketahui error. Jadi sangat mungkin terhindar dari data atau backup data yang hilang, dan juga menghindari untuk menginstall kembali program secara keseluruhan. Kasus yang langka adalah kerusakan total dan permanen yang tidak bisa diperbaiki oleh program ini.



Nama File yang panjang bagi tabel paradox versi 3,4 atau 5:
Di dalam Windows Vista (dan juga Windows XP) data seharusnya tidak ditempatkan dalam folder yang sama dengan programnya tapi diletakkan pada folder tersendiri.
Tapi tidak mungkin hal itu dilakukan dengan Database Paradox Versi 3,4 dan 5 jika nama file (nama folder dan nama tabel) lebih dari 70 karakter. Sering terjadi pada Windows, Folder "My Documents" nama sebenarnya adalah "C:\Documents and Settings\[nama usernya]\My Documents\".
In contrast Paradox tables of  version 7 supports long filenames. With "Paradox Doctor" you may convert outdated tables into the up-to-date Paradox 7 Format .

Untuk mendownload program paradox repair silahkan klik alamat di bawah ini :
Homepage
Download page


Tidak ada komentar:

Posting Komentar