Minggu, 13 Mei 2012

Memahami (dan menyingkirkan) partisi kecil misterius

0 comments
Jika anda mempunyai PC atau Notebook yang didalamnya anda isi dengan sistem operasi Windows 7. Jika anda menginstall sistem operasi Windows 7 dari nol, maka akan muncul suatu partisi kecil yang tidak ada drive letter (C,D....dst) nya sehingga nantinya anda tidak akan tahu partisi ini ada atau tidak sampai melihatnya sendiri dalam jendela Disk Management.
Tampilan jendela disk management.



potongan kecil dari partisi ini, yang mana baru hanya ada di Windows 7, memiliki 2 fungsi. Pertama, di dalamnya terdapat file-file yang berisi barisan perintah dan database konfigurasi yang digunakan sebagai Boot Manager. Kedua, ruang kosong partisi ini berfungsi sebagai tempat startup bagi file-file yang dibutuhkan oleh BitLocker Drive Encryption feature. Jika anda memutuskan untuk meng enkripsi sistem anda menggunakan BitLocker, anda tidak perlu lagi membuat partisi bagi sistemnya untuk bisa membuatnya berjalan.

Jika anda memutuskan untuk tidak menggunakan BitLocker dan lebih memilih untuk tidak memfungsikan ruang kosong pada partisi ini, sebaiknya pastikan pada saat instalasi anda tidak membuatnya. Untuk yang benar-benar Clean Install dimulai dari unformatted hard drive, gunakan aplikasi alternatif sebagai pilihan untuk membuat partisi windows atau pilihlah setup disk yang bisa diterapkan pada semua merk hard-disk atau gunakan startup disk dari Windows Vista. Buatlah sebuah primary partition dengan menggunakan seluruh ruang yang tersedia pada hard drive, dan arahkan installer untuk membuat partisi yang benar-benar baru sebagai partisi instalasi. Setelah anda menggunakan tool alternative untuk membuat partisinya, maka pada saat instalasi Windows 7 arahkan partisi tempat anda meletakkan file Windows (biasanya C) ke partisi yang sudah anda buat tadi

Jika anda ingin repot menyediakan aplikasi tambahan untuk membuat partisi. anda bisa menggunakan utility diskpart yang ada pada program instalasi Windows 7 untuk membuat hanya partisi yang dibutuhkan saja. Pada saat permulaan instalasi windows, sebelum anda memutuskan untuk mengarahkan lokasi tempat diletakkannya file windwso .
1. Tekan Shift+F10 untuk membuka Jendela Command Prompt
2. Ketik diskpart untuk masuk ke diskpart environment.
3. Kita asumsikan hanya punya sebuah hardisk yang benar-benar kosong, gunakan select disk 0 dan create partition primary untuk membuat partisi baru secara manual
4. Setelah menyelesaikan pembuatan partisi baru secara manual, lanjutkan proses instalasi Windows 7 dengan mengarahkan lokasi letak file-file windows nantinya pada partisi baru yang telah dibuat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar