Minggu, 18 Maret 2012

Database Management System (DBMS) Part 3

0 comments

3. Object Relational Database Management System (ORDBMS)

Tujuan utama dari ORDBMS adalah untuk memanfaatkan kelebihan yang ada pada model relational dan object-oriented. Karena itu, ORDBMS menggunakan model data yang menggabungkan fitur-fitur pada OO ke dalam RDBMS. Semua informasi database tersimpan dalam bentuk tabel, tapi isi data dalam tabel boleh memiliki struktur data yang kompleks yang lebih dikenal dengan istilah abstract data types.


Dalam pendefinisian datanya, ORDBMS mengembangkan bentuk SQL yang dikenal dengan SQL3 yang sekarang ini masih dalam tahap pengembangan. Adapun karakteristik ORDBMS adalah :

  • mengalami perluasan dari tipe data dasar
  • inheritance
  • mendukung obyek-obyek yang kompleks
  • rule system

para ahli memperkirakan bahwa aplikasi berbasis RDBMS perlahan namun pasti akan mulai beralih ke ORDBMS. Perangkat lunak yang termasuk ke dalam ORDBMS antara lain Universal Server yang dikembangkan oleh Informix, Oracle (mulai versi 8) yang dikembangkan oleh Oracle Corporation, Universal DB (UDB) yang dikembangkan IBM.

Keunggulan utama dari ORDBMS adalah skalabilitasnya yang besar-besaran karena dirancang untuk mengatur informasi dalam jumlah yang sangat banyak dan besar (Very Large Database, disingkat VLDBs). Selain itu, ORDBMS juga memiliki kelebihan dalam hal kapasitas penyimpanan, kecepatan pengaksesan, dan kemampuan manipulasi obyek database. Namun ORDBMS juga memiliki kekurangan, yaitu kurang cocok jika digunakan untuk aplikasi web berkecepatan tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar