Senin, 02 April 2012

STRUCTURED QUERY LANGUAGE (1)

0 comments
SQL Adalah bahasa nonprocedural untuk mengakses data pada database relational. SQL mengurangi pekerjaan kita dalam database karena apabila kita menggunakan bahasa pemrograman yang umum, kita harus benar-benar memulai segalanya dari awal.


Standar SQL didefinisikan oleh ANSI (American National Standar Institute), tetapi SQL tidak ditemukan oleh ANSI. SQL sendiri sebetulnya merupakan hasil riset IBM, tetapi perusahaan lain mengambil dan mengembangkannya lebih baik. Salah satu contoh adalah Oracle yang mengalahkan IBM dalam persaingan SQL. Meskipun SQL terstandard, ada banyak versi yang berbeda dari bahasa SQL. Namun untuk menyesuaikan dengan standard ANSI semuanya mendukung setidaknya perintah-perintah utama dalam SQL  dengan cara yang sama. Contohnya : SELECT, UPDATE, DELETE, INSERT, WHERE dll.

Dalam SQL ada dua pengertian atau definisi, yaitu interactive dan embedded SQL. Interactive SQL digunakan untuk dioperasikan secara langsung pada suatu database untuk menghasilkan output untuk langsung dilihat hasilnya. Pada SQL bentuk ini, pengetikan perintah dieksekusi pada saat itu jug, dan dapat dilihat hasil outputnya segera. Embedded SQL terdiri atas perintah-perintah SQL yang diletakkan dalam program, yang umumnya menggunakan bahas pemrograman lain, seperti Visual Basic atau Delphi. Cara ini dapat membuat program lebih baik dan efisien. Bagaimanapun juga, cara seperti ini memerlukan penyesuaian antara bahasa pemrograman dengan struktur SQL. Selain itu, cara manajemen data seperti ini memerlukan perluasan atau penggunaan interactive SQL.

SQL terdiri dari 3 (tiga) bagian, yaitu :
Data Definition Language (DDL)
Juga dapat disebut dengan schema definition language dalam versi ANSI. Terdiri dari perintah-perintah SQL untuk membuat suatu obyek seperti tabel, index, view dan lain-lain dalam suatu database.
Data Manipulation Language (DML)
Kumpulan perintah-perintah SQL untuk menentukan atau memanipulasi isi suatu tabel.
Data Control Language (DCL)
Terdiri atas perintah untuk menentukan izin akses dari user dalam suatu database.

YY.LH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar